Minggu, 28 Juni 2015

Kuliah Subuh : Empat Kebiasaan Para Rasul


Kuliah  Subuh pada hari ke dua belas Ramadhan tahun ini di Masjid As Salamah Kompleks RSU PKU Muhammadiyah Gubug penceramah menjelaskan tentang empat kebiasaan para Rasul yang bisa kita teladani. Empat kebiasaan yang dilakukan oleh para Rasul ini semuanya merupakan hal yang sekarang ini masih tetap saja menjadi hal yang tidak basi bahkan selalu bisa dilakukan.
Adapun empat kebiasaan yang dilakukan oleh para Rasul adalah sebagai berikut:

1. Senang Memakai Wangi-wangian
Kebiasaan yang pertama yang dilakukan oleh para Rasul adalah mereka suka memakai wangi-wangian baik dalam keadaan biasa maupun ketika beribadah kepada Allah SWT. Maka sudah selayaknya kita semua bisa meneladani para Rasul ini dengan memakai wangi-wangian terutama ketika mau beribadah kepada Allah SWT.

2. Menikah
Yang dimaksud dengan kebiasaan menikah ini bukanlah Para Rasul ini suka menikah berkali-kali, tapi para Rasul ini juga merupakan manusia biasa yang membutuhkan menyalurkan hawa nafsunya. Maka dengan cara yang halal yaitu menikah hal tersebut bisa dilaksanakan. Berbeda dengan zaman sekarang yang banyak sekali anak muda tertipu dengan budaya pacaran. Budaya pacaran ini merupakan budaya yang keliru dan tidak pernah dicontohkan oleh para Rasul. Maka jika kita ingin mengikuti apa yang dilaksanakan oleh para Rasul adalah dengan cara menikah untuk menghalalkan hubungan antara laki-laki dan perempuan.

3. Bersiwak
Menjaga kebersihan merupakan bukti bahwa seseorang memiliki keimanan. Jika iman seseorang baik, maka sudah bisa dipastikan hidupnya bersih. Salah satu hal yang merupakan bukti cinta kebersihan adalah menjadi kebersihan mulut. Jika para rasul menjaga kebersihan dengan cara bersiwak, maka kita juga bisa mencontohnya, boleh dengan menggunakan kayu siwak atau dengan sikat gigi.

4. Memiliki Rasa Malu

عَنْ أَبِيْ مَسْعُوْدٍٍ اْلأَنْصَاريِ الْبَدْرِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ((إِنَّ مِـمَّـا أَدْرَكَ النَّاسُ مِنْ كَلاَمِِ النُّبُوَّةِ اْلأُوْلَى : إِذَا لَمْ تَسْتَحْيِ ؛ فَاصْنَعْ مَا شِئْتَ)). رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ. 
Dari Abu Mas’ûd ‘Uqbah bin ‘Amr al-Anshârî al-Badri radhiyallâhu ‘anhu ia berkata, “Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, ‘Sesungguhnya salah satu perkara yang telah diketahui oleh manusia dari kalimat kenabian terdahulu adalah, ‘Jika engkau tidak malu, berbuatlah sesukamu.’”

Jika seseorang sudah tidak memiliki rasa malu, maka apa saja bisa dilakukan tanpa mempertimbangkan.

Mari kita contoh kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan oleh para Rasul dan semoga kita terhindar dari sikap yang menyelisihi para Rasul. aamiin.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Terpopuler

Terpopuler Bulan Ini

Terpopuler Minggu Ini