Sabtu, 29 Desember 2012

Thama' Harta Membuat Petaka


Dikisahkan ada empat orang pemuda yang sebaya dan belum menikah, mereka sepakat untuk tidak berpacaran. Pada suatu hari mereka sepakat untuk menanam pohon mangga dengan setiap orang menanam dua pohon mangga, jadi jumlah pohon yang ditanam berjumlah 8 pohon. Ketika mereka sedang mencangkul tanah untuk tempat menanam pohon tersebut, mereka kaget karena mendapat sebuah peti tua. Pelan-pelan mereka akhirnya bisa mengambil peti tersebut. Karena sudah berkarat maka dengan mudah mereka bisa merusak gembok pada peti tersebut dan berhasil membuka dan mengetahui isi dari peti tersebut. Betapa terkejutnya mereka ketika mengetahui bahwa isi dari peti tersebut adalah emas, intan, dan perhiasan lain. Akhirnya keempat pemuda ini bersepakat untuk membagi isi dalam peti tersebut untuk mereka berempat.


Akan tetapi sebelum isi dari peti tersebut dibagi, keempat pemuda ini bersepakat untuk membuat pesta terlebih dahulu untuk merayakan kebahagiaan mereka. Dua orang disuruh untuk membeli makanan dan minuman, sedangkan dua yang lainnya bertugas untuk menjaga peti yang berisi perhiasan tersebut. Ketika dua orang pemuda sedang berbelanja untuk pesta, dua orang pemuda yang menjaga digoda oleh syetan. Mereka membuat kesepakatan sendiri untuk membagi harta itu untuk mereka berdua saja, kemudian yang satu bertanya.

"Bagaimana caranya kita bisa membagi dua?"
"Kita bunuh saja dua sahabat kita nanti sepulang dari berbelanja" jawab temannya
"Baik, deal"

Kesepakatan tersebut menjadi keputusan yang diambil dua orang pemuda yang bertugas menjaga harta temuan itu. Mereka merencanakan akan membunuh dua sahabatnya untuk mendapatkan harta itu.

Di sisi lain, dua orang pemuda yang bertugas berbelanja untuk keperluan pesta juga sedang merencanakan sesuatu.
"Bagaimana kalau harta itu untuk kita berdua saja?" tanya salah satu orang
"Boleh, tapi bagaimana caranya?" temannya berkata"Kita kasih racun saja makanan dan minuman yang kita beli ini"
"Wah ide bagus"
"Baik"

Dua orang ini juga memiliki rencana jahat untuk mendapatkan harta yang ditemukan itu tanpa memedulikan kedua temannya yang sedang berada dirumah. Mereka bersepakat meracuni makanan dan minuman yang mereka beli agar ketika temannya yang dirumah nanti memakan makanan tersebut mereka mati.

Setelah berbelanja, dua orang ini kembali kerumah. Sesampai dirumah mereka kemudian disambut dengan pedang oleh temannya yang dirumah, dibunuhlah dua orang pemuda tadi oleh dua temannya yang dirumah. Berhasil juga rencana dua orang ini untuk membunuh temannya, mereka pun bahagia karena harta temuan itu hanya akan dibagi dua saja.

Akan tetapi sebelum mereka membagi harta tersebut, mereka bersepakat untuk berpesta terlebih dahulu. Mereka makan makanan dan minuman yang sudah dibeli oleh teman-temannya yang sudah mereka bunuh tadi. Malang nasib dua pemuda ini, mereka tidak mengetahui rencana busuk temannya bahwa makanan dan minuman yang sedang mereka nikmati ternyata sudah diberi racun. Akhirnya kedua pemuda inipun mati karena keracunan. Keempat pemuda ini akhirnya tidak bisa menikmati harta temuan mereka.

Semoga kita semua bsia mengambil pelajaran dari cerita diatas. Begitulah jika kita tidak bisa menguasai harta.

1 komentar:

  1. wah memang harta membuat mata hijau, hahah bahkan saya sering mengalaminya . meski pun udah dapat beasiswa masih aja cari lagi dan lagi, hmmmm.... selalu pengen lebih hati ini

    BalasHapus

 

Terpopuler

Terpopuler Bulan Ini

Terpopuler Minggu Ini